Cara Install WordPress Manual di Localhost

install wordpress manual

Di zaman sekarang ini teknologi sudah semakin maju, punya usaha atau bisnis gak melulu harus punya toko. Kini toko konvensional banyak digantikan oleh toko online yang semakin menjamur. Jadi buat Anda yang ingin buat toko online gak perlu keahlian khusus kok, disini akan kita bahas bersama langkah-langkah cara membuatnya.

Sebelumnya pasti anda bertanya mengapa pakai wordpress? bukannya ada blogspot, drupal, prestashop, atau opencart? berikut ini adalah cms yang paling populer dipakai di seluruh dunia.

tampilan dashboard wordpress

Dari gambar diatas kita lihat wordpress menempati posisi pertama, menyusul joomla diposisi kedua, dan shopify diposisi ketiga, dan seterusnya.

Mengapa wordpress sangat populer dan banyak digunakan adalah karena dukungan plugin dan template yang berjumlah puluhan ribu yang bisa kita download secara gratis. Jika tujuan Anda membuat toko online maka plugin yang akan anda gunakan adalah yang berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimization), E-commerce, Payment Gateway, security, dan chat plugin .

Dan jika Anda ingin membuat blog maka plugin yang akan digunakan adalah yang berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimization), security, related article, push notification, dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan template yang ada di wordpress jumlahnya ada ribuan yang siap untuk di download. Baiklah mari kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

File dan Aplikasi yang perlu dipersiapkan

  • Master installasi xampp, kalau belum ada bisa di download disini.
  • Master wordpress, kalau belum ada bisa download disini.

Langkah-langkah cara install WordPress di Localhost

    1. Pastikan komputer anda sudah terinstall xampp. Jika belum silahkan install dulu. Secara default intallasi xampp akan di install di drive C, Anda juga bisa custom installnya di drive komputer anda yg lain misal di D/E atau F. Di tutorial ini installasi xampp di drive C.
    2. Selanjutnya silahkan buka xampp control panel dan aktifkan Apache dan MySQL.xampp control panel
    3. Silahkan ekstrak/unzip/unrar file worpress ke direktori C:\xampp\htdocs. Nama folder bebas. disini kita buat namanya wordpress.ekstrak wordpress ke htdoc
    4. Selanjutnya buat database dengan nama wordpress caranya ketikkan di browser
      http://localhost/phpmyadmin. Kemudian klik basis data, isi nama database kemudian klik Buat.buat database wordpress
    5. Selanjutnya buka folder wordpress dan buka file wp-config-sample.php menggunakan notepad. Cari kode berikut:wp config sampleKeterangan:
        • database_name_here diisi dengan nama database.
        • username_here diisi dengan username database.
        • password_here diisi dengan password user.
        • localhost biarkan saja karena kita menggunakan localhost sebagai server.

      Untuk melihat apa user, password, dan host Anda bisa buka ini dari browser:
      http://localhost/phpmyadmin/server_privileges.phpusername database

    6. Kemudian isi kode diatas menjadi dibawah ini dan Save As dengan nama wp-config.phpwp config php
    7. Selanjutnya buka di browser http://localhost/wordpress pilih bahasa dan klik Continue.pilih bahasa install wordpress
    8. Isi Site Title, username, password dan email, kemudian klik install wordpress.welcome install wordpress
    9. Installasi wordpress sukses seperti gambar dibawah inisukses install wordpress
    10. Kita login ke dashboard wordpress, klik LogIn seperti gambar diatas, masukkan username/email dan password yang sudah kita buat tadi. Kemudian klik LogIn.login wordpress
    11. Inilah tampilan dashboard wordpress, tinggal kita custom mau buat website yang seperti apa.tampilan dashboard wordpress
    12. Untuk melihat tampilan website kita buka tab baru, kemudian buka http://localhost/wordpress.hello world wordpress

WordPress sudah berhasil kita install itu artinya website sudah bisa kita lihat tampilannya, langkah selanjutnya adalah merapikan template, install plugin yang diperlukan, merubah tampilan website, dan langkah terakhir adalah isi konten yang akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Semua fitur yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website sudah ada di wordpress, semua bisa kita lakukan dengan hanya menginstal plugin. Jika bosan dengan tampilan website yang begitu-begitu saja kita bisa menggantinya dengan install template baru dengan mudah. Selamat mencoba ya.

install wordpress manual
Previous Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *