Cara Mematikan Update Otomatis Google Play Service

auto update playstore

Sampai hari ini sebagian besar pengguna handphone di dunia menggunakan android sebagai sistem operasi ponsel mereka termasuk juga saya. Hal ini dikarenakan kemudahan download aplikasi dan games yang dapat di unduh dari satu tempat yang bernama Play Store.

Play Store menyediakan ribuan aplikasi dan games yang menarik yang bisa kita unduh secara gratis maupun berbayar. Ada aplikasi baru setiap harinya, apalagi selama pandemi ini banyak developer baru yang berlomba membuat aplikasi yang berhubungan dengan covid-19.

Itu artinya peluang terbuka lebar bagi pengembang android untuk menciptakan aplikasi baru yang bisa di monitize pastinya. Semua aplikasi yang telah kita install di android nantinya akan mendapat update, oleh karena itu pastikan kuota internet Anda mencukupi.

Akan tetapi untuk sebagian orang justru update aplikasi menjadi hal yang merepotkan apalagi secara default update dilakukan secara otomatis oleh sistem. Akibatnya kuota internet akan tersedot tanpa kita ketahui. Untuk kalangan menengah keatas sih biasa aja, tapi bagaimana dengan orang yang kondisi ekonominya sulit?

Solusinya adalah dengan cara menon-aktifkan fitur otomatis update yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Dengan cara ini Anda tidak perlu takut lagi kehabisan kuota internet, jika ada pembaruan aplikasi Anda bisa melakukannya secara manual. Yuk, simak langkahnya dibawah ini.

Panduan Cara Mematikan Update Otomatis di Play Store

  1. Buka aplikasi Play Store di hp android Anda, lalu klik tanda garis 3 dipojok kiri atas dan pilih menu Setelan.
    play store dashboardmenu google play store
  2. Kita Masuk ke menu setelan. Di menu ini kita bisa mengatur notifikasi, preferensi download aplikasi, mengatur putar video otomatis, latar, hapus histori penelusuran, preferensi google play, dan juga kontrol pengguna. Untuk melanjutkan klik update aplikasi secara otomatis.setelan auto update playstore
  3. Langkah selanjutnya akan muncul 3 pilihan antara lain:
    1. Melalui jaringan apapun, digunakan jika Anda ingin update aplikasi otomatis melalui semua jaringan yang tersambung di hp Anda.
    2. Melalui wi-fi saja, digunakan jika Anda ingin update aplikasi otomatis hanya ketika tersambung ke jaringan wifi.
    3. Jangan update aplikasi secara otomatis, digunakan jika Anda tidak ingin aplikasi diupdate secara otomatis. Kita pilih opsi ini Lalu klik Selesai.auto update playstore

Cara menghentikan Google Play Store otomatis update sudah berhasil kita lakukan. Langkah diatas sangatlah mudah dan tidak memakan waktu yang lama, meski dilakukan oleh orang awam sekalipun.

Jika Anda internetan menggunakan wifi sebaiknya biarkan saja otomatis update dalam posisi aktif, karena repot juga jika aplikasi Anda banyak maka update manual satu persatu memakan waktu yang lama.

Tips

Jika Anda ingin update aplikasi sebaiknya dilakukan di malam hari, silahkan beli paket internet malam karena harganya jauh lebih murah dari paket internet 24 jam. oh ya, cara diatas berlaku untuk semua versi android ya.

Update aplikasi yang penting-penting saja, karena update akan mengurangi memori penyimpanan yang mengakibatkan ponsel jadi lemot.

Jika Anda menginstall aplikasi finansial di ponsel, misalnya: mobile banking, LinkAja, paypal, OVO, jenius, dana, home credit, akulaku, dan sebagainya. Silahkan lakukan update setiap kali ada pembaruan, tujuannya agar aplikasi berjalan secara optimal.

 

auto update playstore
Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *