Mudah! Cara Pasang Widget Cek Ongkir di Website

daftar ongkir

Jika Anda mempunyai website olshop ada baiknya menyediakan fitur cek ongkos kirim. Semakin lengkap fitur website maka akan semakin betah calon konsumen berlama-lama di website Anda. Dengan adanya fitur cek ongkos kirim konsumen anda akan mudah lihat produk yang diminati sambil melihat langsung biaya ongkos kirim ke alamatnya.

Bayangkan jika konsumen anda buka website lain hanya untuk cek ongkir, bisa-bisa kelupaan untuk pilih produk di website Anda dan mungkin saja akan langsung close karena proses yang ribet buka banyak website sekaligus.

Untuk menghindari hal diatas Anda bisa memasang widget cek ongkos kirim di website Anda. Caranya Anda bisa copy beberapa baris code dari website RajaOngkir. Cara ini berlaku untuk semua jenis website, baik itu blogspot, wordpress, maupun manual coding.

Dalam tutorial ini kami akan jelaskan cara pasang widget cek ongkir di website wordpress. Silahkan ikuti langkah demi langkah agar proses berjalan lancar.

Langkah-langkah Cara Memasang Widget Cek Ongkir

  1. Buka situs rajaongkir.com/widget/buat. Pada bagian kanan bawah silahkan copy code Raja Ongkir Widget Code.widget raja ongkir
  2. Buka dashboard wordpress Anda. Pada menu Appearance klik Widgets. Ikuti langkah berikut:
    • Letakkan widget Custom HTML di Sidebar atau Home Sidebar (menyesuaikan theme yang Anda pakai).
    • Isi Title dengan judul. Misal: Cek Ongkir.
    • Isi Content dengan code yang Anda copy dari langkah 1.
    • Klik Save.tambah widget custom html
  3. Refresh homepage website/blog Anda, widget cek ongkir sudah berhasil kita buat. Silahkan Anda coba cek ongkir.
    • Kota asal diisi dengan kota pengirim
    • Kota tujuan diisi dengan kota penerima
    • Berat kiriman diisi dengan angka satuan gram
    • Klik Periksa.
      widget cek ongkir
  4. Maka akan tampil halaman hasil pencarian seperti dibawah ini.daftar ongkirOngkos kirim berhasil ditampilkan dari ongkos termurah sampai termahal, biasanya sebagian konsumen akan memilih ekspedisi dengan biaya termurah. Beberapa konsumen mungkin akan berfikir ulang untuk membeli produk Anda karena ongkir yang terlalu mahal.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa posting produk Anda di marketplace dan arahkan produk di website Anda ke Marketplace seperti shopee, tokopedia, ataupun bukalapak. Kenapa? Karena marketplace memberikan subsidi ongkir. Tentunya dengan cara ini kesempatan closing akan semakin besar.

Jangan segan untuk meminta review kepada konsumen atas pembelian produk Anda, bisa dalam bentuk gambar ataupun video. Kemudian buat sebuah halaman testimoni pada website Anda agar konsumen semakin percaya untuk membeli produk Anda.

Tips

Anda juga bisa memberi opsi COD (Cash On Delivery) untuk pengirimannya dikarenakan ada beberapa konsumen yang hanya akan membayar jika barang sudah diterima. Tips lainnya adalah Anda bisa memberikan bonus dalam paket pengiriman, ini adalah salah satu cara agar konsumen melakukan repeat order.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *